Ubuntu?

1 Sep 2009

ubuntu

Ubuntu?? adalah sebuah sistem operasi seperti sistem operasi lainnya, yaitu Windows, Mac, dll. Sehingga memudahkan kita untuk melakukan segala aktifitas di komputer, seperti bermain game, mengetik, mendengarkan musik, menggambar, menonton Film, membuat software, berkomunikasi lintas daerah bahkan lintas benua, dan masih banyak lagi.

Awal kali mengenal komputer, penulis menggunakan sistem operasi Windows, mulai dari Windows 95, hingga Windows XP, namun ada ketidaknyamanan pada diri penulis, sejak diberlakukannya Undang-undang HAKI (Hak Atas Kekayaaan Intelektual). Karena Windows yang selama ini penulis pakai adalah windows bajakan/ ilegal, padahal ada alternatif sistem operasi lain yang legal dan gratis atau kita tidak dipungut biaya sepeser pun, yaitu Linux. Sehingga mulailah penulis mencoba belajar menggunakan linux, awalnya penulis menggunakan distro Mandrake 8.0, dan sistem operasi windows masih terinstall dikomputer penulis.

Mulai tahun 2007, penulis menggunakan distro Ubuntu seri 7.04 (Feisty Fawn). Setahap demi setahap penulis mulai lebih sering menggunakan Linux dibanding Windows. Karena penulis merasakan banyak kemudahan menggunakan Linux sejak memakai distro Ubuntu. Dan sejak tahun 2009, laptop penulis tidak lagi terinstall Windows.

Apa itu ubuntu?

Ubuntu berasal dari bahasa Afrika, yang berarti “humanity to others” atau dalam bahasa penulis, kemanusiaan untuk semuanya. Ada lagi yang mengartikan, “I am what I am because of who we are all”. Disini penulis mendapatkan semangat untuk berbagi dan bekerja sama ‘with other’ untuk keberhasilan bersama.

Ubuntu adalah sistem operasi berbasis Linux, yang gratis dan Open Source Software (terbuka kode sumbernya), yang dapat dipakai untuk laptop, netbook, desktop, dan komputer server.

Ubuntu adalah free software, dan memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk memakai, mengopy, menyebarkan, belajar, berbagi, merubah dan mengembangkannya untuk tujuan tertentu tanpa kita harus membayar lisensi. Karena Ubuntu berbasis Linux yang menggunakan Hak Cipta Publik atau dikenal dengan GNU Public License (GPL), penjelasan lebih detail silakan merujuk di http://www.gnu.org.

GPL pada dasarnya berusaha memberikan kebebasan seluas-luasnya bagi si pencipta perangkat lunak untuk mengembangkan kreasi perangkatnya dan menyebarkannya secara bebas di publik. Tentunya dalam penggunaan GPL ini kita masih diikat dengan norma, nilai dan etika - misalnya tidak etis jika kita mengambil software GPL kemudian mengemasnya menjadi sebuah software lain dan mengaku-ngaku bahwa software tersebut adalah buatan kita.

CD linux ubuntu bisa anda peroleh di rental-rental Software, anda juga bisa mendownloadnya secara gratis (hanya bayar bandwith) di situs http://kambing.ui.edu/pub/ dan http://repo.ugm.ac.id atau anda dapat memesannya di http://kambing.ui.edu/pub/, http://toko.baliwae.com/, http://www.gudanglinux.com/, juga di http://www.warunglinux.com/.

Satu lagi kelebihan utama Ubuntu dan juga kelebihan utama Linux adalah dukungan dari komunitas, selama ini penulis mengikuti milis id-ubuntu@googlegroups.com. Setiap permasalahan yang penulis hadapi, dengan mudah penulis mencari solusinya melalui milis tersebut. Prinsip gotong royong terasa sangat kuat dalam komunitas Linux.


TAGS Linux Ubuntu


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post