Cara Backup Aplikasi Linux

6 Sep 2009

aptoncd-pic

Suatu ketika seorang teman meminta tolong tuk di installkan Ubuntu di komputernya, alhamdulillah dia tertarik ingin belajar Linux, dia juga mulai tidak nyaman menggunakan windows karena dia juga membajak…hal ini seperti yang pernah penulis alami. Kalo menurut penulis, bila memang kita mampu membeli Windows maka hal itu tidak mengapa, namun bila kita tidak mampu, kenapa harus bertahan menggunakan windows?? Sedangkan Linux yang sekarang sudah demikian mudahnya, dan bahkan memiliki kemampuan yang melebihi Windows..Kalo anda bisa menggunakan windows pasti anda bisa juga menggunakan linux, ga percaya? Try it :)

Melanjutkan cerita teman saya. Akhirnya saya instalkan Linux Ubuntu 9.04 di komputernya. Namun setelah diinstal, teman saya juga menginginkan aplikasi yang sama seperti di laptop saya. Tentu bila saya menginstall satu demi satu dengan mengambil file dari repositori di internet, akan sangat memakan waktu tentunya. Kemudian saya teringat, dulu ada yang pernah memberitahukan saya bahwa dengan menggunakan aplikasi APTonCD, maka seluruh aplikasi linux anda semuanya akan terbackup ke dalam CD/DVD, sehingga memudahkan kita tuk menginstall ulang kembali aplikasi-aplikasi linux favorit anda, tanpa harus terhubung internet.

Wah cool :) (banyak yang cool di linux, beneran)

Berikut langkah-langkahnya :
1.Install APTonCD

Download .deb filenya di sini dan doble klik file yang tadi anda telah download.
Atau bila komputer anda sedang terhubung internet anda dapat langsung : klik Aplications > Add/Remove

add-remove-apps_small

Pada kolom search ketikkan : aptoncd sehingga muncul aplikasi yang hendak kita install

aptoncd_small

beri tanda centang pada kotak disebelah nama aplikasi dan klik Apply Changes..dan OK (!anda harus terhubung internet)
Kemudian tunggu hingga proses instalasi selesei.
2.Jalankan APTonCD
Setelah proses instalasi selesei, klik System > Administration > APTonCD

aptoncd2

Ada dua pilihan disana, yaitu Create dan Restore
Pilih Create untuk melakukan backup aplikasi linux di Komputer kita, atau pilih Restore untuk mengembalikan file-file aplikasi yang telah kita backup.
3.Proses Backup
Klik tombol Create
Maka APTonCD akan melakukan proses scan aplikasi linux apa saja yang telah terinstall dikomputer kita.

aptoncd-create

Ketika telah selesai proses scan, anda bisa memilih dengan memberi tanda centang aplikasi apa saja yang akan anda backup.
Selanjutnya klik tombol Burn. Untuk melakukan proses backup

aptoncd-installation-disc-properties

Disini anda bisa memilih menggunakan CD atau DVD untuk menyimpan file backup aplikasi linux anda, dan tentukan penyimpanan sementara images file (.iso) dihardisk anda sebelum dibakar ke CD/DVD. Klik Apply bila anda ingin membakarnya ke CD/DVD atau klik Cancel bila anda hanya ingin menyimpan file image .iso, untuk nanti anda bakar dikemudian hari.

aptoncd-image-is-ready

Proses backup selesei
4.Proses Restore
Bila anda telah membuat image file backup atau telah membakarnya ke CD/DVD, maka anda bisa melakukan proses restore pada komputer yang ingin anda install, dengan memilih tombol Restore. Maka komputer akan melakukan proses scan file yang ada di dalam CD/DVD dan menanyakan apakah anda akan melakukan proses restore? Klik Yes..Selesai :)

Menutup cerita temen saya tadi, setelah melakukan proses restore. Kemudian saya melakukan instalasi software lewat add/remove programs dan selesai tugas saya. Tanpa harus memakan waktu lama, dibanding bila harus menginstallnya dengan mengambil file repositori di internet.

Referensi :

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.


TAGS BackUp Aplikasi


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post