Mengapa Memiliki Kebijakan Open Source?

10 Sep 2009

opensource_450

Membaca tulisan-tulisan Bapak I Made Wiryana dalam bukunya “From Germany With IT - Mozaik Pemikiran, Ide-ide Strategis, Kritik Teknologi Dalam Perspektif Teknologi Informasi” Terbitan Ardi Publishing. Sungguh memotivasi saya untuk beralih ke Linux dengan Open Sourcenya.

Dari salah satu tulisan beliau, dengan judul “Mengapa Memiliki Kebijakan Open Source?“. Disebutkan bahwa saat ini makin banyak negara yang menerapkan kebijakan penggunaan Open Source secara luas baik di badan pemerintahan maupun di masyarakat luas. Beliau memaparkan alasan-alasan yang menjadi pendorong negara-negara tersebut menggunakan Open Source.

Negara Maju.

Negara-negara seperti Swedia, Norwegia, Finlandia, Jerman, Prancis, Spanyol dan Jepang tentu memiliki SDM yang handal dan pendanaan yang cukup,bagi mereka alasan pendanaan jangka pendek bukanlah faktor pendorong utama. Namun mereka memilih Open Source karena :

  • Pertimbangan Sekuriti (keamanan), karena dengan open source mereka bisa mengaudit source code dari sebuah aplikasi, sedangkan bila memakai aplikasi closed source mereka tidak bisa begitu saja mengauditnya.
  • Ketergantungan pada diri sendiri, dengan Open Source mereka bebas mengembangkan teknologi tanpa perlu lisensi khusus.
  • Jaminan dapat diaksesnya data/ file dimasa mendatang, sehingga resiko data tak dapat diakses karena formatnya tidak terbuka menjadi tidak ada.
  • Faktor keberlangsungan ekonomi, dalam arti penyediaan lapangan kerja, dan berputarnya dana di negara mereka sendiri, bukan pertimbangan murah tidaknya ketika membeli perangkat lunak. Bahkan mereka membuat suatu kontrak proyek TI khusus dengan persyaratan perangkat lunak Open Source. Dalam arti, pelaku proyek tetap mendapat bayaran, seperti halnya proyek komersial, namun hasilnya dibuat menjadi Open Source.

Negara Dengan Potensi Industri TI telah Tampak.

Adalah India, Cina, Taiwan dan Korea. Dengan SDM TI yang baik. Mereka memilih Open Source dengan alasan :

  • Bisa mengembangkan teknologi sendiri tanpa dibatasi oleh hal-hal lain (politis dan ekonomis). Open Source membantu developer belajar dengan cepat dan membuat produksi lebih murah. Hal ini karena tersedianya informasi teknis yang serba terbuka.
  • Mendorong tumbuhnya industri TI lokal, tanpa terikat dengan perusahaan asing. Misal Korea telah migrasi 120.000 desktop dengan Hancom Office yang dikembangkan di Korea Sendiri, begitu juga dengan Cina.
  • Mampu mengembangkan sebuah sistem sendiri, yaitu Taiwan dan Cina dengan Linux mereka mengembangkan sistem operasi PDA khusus, embedded, juga aplikasi telefon internet, gateway jaringan, router, wireless, dan lain-lainnya. Sehingga ongkos produksi menjadi rendah

Negara Berkembang dengan SDM dan Indusri TI terbatas.

Adalah Vietnam, Malaysia, Argentina, Brazil, Peru, mereka memilih Open Source karena :

  • Pertimbangan utama adalah harga lisensi yang rendah, murahnya biaya produksi, namun kadang alasan seperti ini bisa dikalahkan dengan adanya diskon yang besar-besaran dari vendor perangkat lunak closed source (proprietary).
  • Contoh Argentina mengeluarkan peraturan bahwa semua perangkat pemerintah menggunakan Open Source, demikian juga dengan Brazil dan Peru. Estonia malah mensyaratkan semua perangkat keras harus kompatibel (bisa menjalankan) program Open Source. Sehingga suatu perangkat keras tidak terkunci hanya untuk satu sistem operasi saja. Ini tentu sangat bermanfaat di masa mendatang.
  • Dukungan terhadap bahasa lokal. Seperti di Islandia, Tibet, Nepal, Vietnam, dan beberapa negara Arab. Jumlah pengguna suatu bahasa yang kecil menjadikan vendor perangkat lunak proprietary tidak tertarik tuk melakukan penerjemahan terhadapa bahasa lokal tersebut.

Akhir kata dari beliau bahwa memihak ke Open Source bukan berarti memihak ke salah satu vendor Open Source. Jangan dicampur adukkan. Keberpihakan ke Open Source lebih kepada keberpihakan kepada kebebasan menentukan apa yang digunakan di masa kini dan masa mendatang. Sebagaimana alasan-alasan negara-negara di atas mengadopsi Open Source.

Be Open Source !!! :)


TAGS Linux Open Source


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post