Aplikasi Linux yang Sangat Bermanfaat

2 Oct 2009

opensource

Merupakan kelebihan dari Linux terutama adalah Linux Ubuntu yaitu, ketika anda telah menginstall sistem operasi Linux di desktop atau laptop anda, maka anda tidak perlu direpotkan untuk menginstall lagi aplikasi-aplikasi utama yang benar-benar anda butuhkan. Karena linux telah menyediakannya untuk anda.

Seperti pada linux Ubuntu, anda telah diberi beberapa aplikasi penting dalam pekerjaan anda sehari-hari, yaitu :

  • Office :

    • Open Office Word Processor (MS Word)
    • Open Office Spreadsheet (MS Excel)
    • Open Office Presentation (MS Power Point)
    • Open Office Drawing
    • Evince Document Viewer, aplikasi untuk membuka file PDF
    • Tomboy Notes, aplikasi yang sangat bermanfaat terutama bagi penulis, karena ini seperti buku catatan ringkas dan bisa dilink dengan catatan-catatan lainnya
  • Pembakar CD dan DVD :

    • Brasero Disk Burner, sebuah aplikasi tuk membakar CD dan DVD hampir seperti Nero di Windows
  • Pemutar Music dan Film :

    • Rythmbox Music Player, sebuah aplikasi tuk memainkan file audio
    • Movie Player, sebuah aplikasi untuk memutar video
  • Internet :

    • Mozilla Firefox, sebuah browser internet terbaik
    • Filezilla FTP Client, sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat bagi anda yang sering melakukan upload data
    • Pidgin Internet Messenger, aplikasi tuk chatting, tidak hanya Yahoo, tapi juga bagi penggunaa account Google, AIM, MSN, IRC, ICQ, Facebook, MySpace, dan masih banyak lagi
    • Evolution Mail, aplikasi email
  • Menggambar dan Mengedit Gambar :

    • GIMP Image Editor, aplikasi pengolah gambar yang tidak kalah kemampuannya dengan Adobe Photoshop, dan yang lebih penting lagi aplikasi ini gratis

Bagi penulis, yang tiga bulan ini mulai menggeluti dunia blogging, merasakan banyak sekali dibantu dengan keberadaan aplikasi-aplikasi di atas. Karena dalam dunia blogging, sebagian besar aktifitas penulis adalah :

  • Mengumpulkan bahan tulisan

Mozilla Firefox

firefox-gray

Dalam mengumpulkan bahan tulisan, penulis memanfaatkan internet dengan menggunakan browser Mozilla Firefox tuk mencari bahan-bahan tulisan, yang akan penulis sajikan bagi pembaca blog penulis. Setelah menemukan bahan tulisan yang dapat menjadi rujukan, selanjutnya adalah menyimpan halaman situs tersebut, nah yang sangat menarik disini adalah fasilitas print page di Linux, bisa disimpan dalam format .pdf, yang penulis lakukan, cukup menekan tombol ctrl + p, kemudian pilih Print to File

print_400

kemudian pilih output format .pdf, dan beri nama file kita, lalu klik Print.

print2_400

Kadang kita tidak ingin menyimpan seluruh halaman situs tersebut, kita hanya ingin mengambil artikelnya saja tanpa komentar dan bagian sidebar blog tersebut. Maka yang penulis lakukan adalah memblok hanya bagian artikelnya saja, kemudian tekan ctrl + p, pilih Print to file, dengan format .pdf, selanjutnya klik tab Options

print3_400

Beri centang Print Selection Only, dan klik Print.

Evince Document Viewer

evince

Setelah diprint, kita dapat membacanya menggunakan Evince, Evince ini adalah aplikasi pdf reader, yang penulis suka karena sangat ringan dibanding menggunakan adobe acrobat reader.

  • Menulis dan mengedit

OpenOffice Word Processor

openoffice

Digunakan untuk menulis, bagi anda yang terbiasa menggunakan MS Office Word di Windows, tentu tidak akan kesulitan menggunakan Open Office Word Processor, hampir seluruh fiturnya sama. Bahkan memiliki kelebihan, yaitu ketika penulis ingin menyimpan hasil tulisan dalam format pdf. OpenOffice Word Processor menyediakan fasilitas export ke pdf langsung dengan sekali klik tombol pdf pada tab.

tombol_pdf

selanjutnya kita beri nama file tersebut, tentukan lokasi penyimpanannya, dan klik Save.

export_400

Take Screenshot

take_screen

Aplikasi yang sangat bermanfaat bagi penulis tuk membuat cuplikan gambar ketika penulis membuat tutorial-tutorial. Sebenarnya kita bisa menekan tombol PrtScrn pada keyboard, namun dengan Take Screenshot kita dapat memilih apakah mau mengambil seluruh gambar pada layar, atau hanya aplikasi yang sedang aktif saja, atau bahkan kita bisa menggunakan mouse tuk memilih gambar yang akan kita ambil, menarik bukan? :)

Terminal

gnome-terminal

Terkadang gambar yang dihasilkan oleh Take Screenshot, mempunyai pixel cukup besar sehingga memberatkan ketika penulis ingin mengupload ke blog. Sehingga untuk mengubah ukuran pixel, dengan mudah penulis menggunakan perintah :

convert -resize 575/home/abusufyan/Desktop/namafile.png /home/abusufyan/Desktop/namafile_575.png

Pada terminal.

Keterangan perintah di atas : penulis ingin mengubah ukuran pixel dari file, dengan nama namafile.png ke ukuran panjang pixel 575(sedangkan ukuran lebar pixel secara otomatis akan menyesuaikan), dari alamat file di /home/abusufyan/Desktop/namafile.png ke alamat /home/abusufyan/Desktop/namafile_575.png

GIMP Image Editor

gimp

Terkadang juga penulis ingin melakukan crop gambar, hal ini sangat mudah dilakukan dengan menggunakan GIMP Image Editor.

  • Upload hasil tulisan

Filezilla FTP Client

filezilla

Setelah tulisan dan gambar selesai dibuat, selanjutnya penulis ingin upload ke blog penulis, sebenarnya Wordpress telah menyediakan fasilitas upload file, namun bila filenya berukuran besar dan banyak, penulis merasa sangat dimudahkan dengan menggunakan Filezilla FTP Client. Cukup penulis blok seluruh file yang akan diupload dari komputer penulis, dan drag ke server dimana seluruh file blog penulis disimpan.

  • Menjalin komunikasi dengan sesama blogger :)

Evolution Mail

evolution

Dengan memanfaatkan fasilitas POP mail, dari gmail. Penulis bisa mendownload seluruh email dan membacanya tanpa harus terhubung internet.

Pidgin Internet Messengger

pidgin

Juga Chatting, cukup mudah dengan menggunakan Pidgin. Yang menarik adalah penulis bisa menggunakan seluruh account penulis baik di Yahoo, Google, juga Facebook, dalam satu messengger dan bisa aktif bersamaan. Menyenangkan sekali :)

Terakhir, karena penulis sering online, maka sangat dimungkinkan sekali virus akan mudah masuk dan merusak laptop penulis, namun dengan menggunakan Linux hal tersebut bisa diminimalisir. Hal ini dikarenakan sebagian besar virus hanya bekerja pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, juga sebagian besar virus berformat .exe-file ini tidak bisa dijalankan di linux :)

Namun yang membuat penulis kagum adalah pada linux dikenal adanya hak akses file (permission file), dengan adanya fasilitas ini membuat tidak mudah semua orang mengakses file dalam komputer kita, terutama file system root (/). Sehingga setiap kita ingin menginstall sesuatu, Linux selalu meminta password.

Alhamdulillah…Namun, kita tetap harus berhati-hati karena, bila saat ini kita merasa aman belum tentu kedepannya nanti akan tetap aman. Selalu berhati-hati dan terus belajar, jangan pernah bosan dan merasa cukup dengan ilmu yang kita miliki saat ini.

Akhir kata, Linux is Fun and Secure :)


TAGS Aplikasi


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post