Tentang Ubuntu 9.10 Karmic Koala

6 Oct 2009

ubuntu910_400

Dari website ubuntu yang penulis baca, bahwa ubuntu akan mengeluarkan versi baru Ubuntu 9.10 dengan nama Karmic Koala, pada tanggal 29 Oktober nanti. Saat ini telah keluar Ubuntu 9.10 versi beta.

Ubuntu versi baru tentunya memiliki pengembangan terbaru dan penambahan fitur-fitur yang sangat bermanfaat. Sehingga untuk mengobati rasa ingin tahu penulis tentang apa saja fitur terbaru pada ubuntu 9.10 Karmic Koala dibanding ubuntu sebelumnya 9.04 Jaunty Jackalope. Maka penulis bertanya pada ‘bang’ Google, dan akhirnya menemukan beberapa artikel yang membahas review ubuntu 9.10 Karmic Koala.

Berikut ini fitur-fitur terbaru dan perubahan yang terdapat pada ubuntu 9.10 Karmic Koala :

  • Kecepatan booting.

Disebutkan bahwa pada ubuntu 9.10 kecepatan booting awal hanya sekitar 25 detik, bahkan tim ubuntu merencanakan pada rilis ubuntu 10.04 nanti, waktu booting hanya sekitar 10 detik. Inilah salah satu alasan penulis beralih ke Linux. Berbeda ketika dulu penulis masih menggunakan Windows, setelah semakin banyak aplikasi yang penulis install, maka komputer penulis terasa semakin berat dan waktu booting semakin lama. Dengan Linux walau aplikasi yang telah penulis install semakin banyak, tetapi waktu booting tidak mengalami perubahan signifikan. Menyenangkan sekali :)

  • Xsplash saat booting.

Berupa gambar animasi bergerak saat linux sedang booting, hal ini hampir seperti tampilan booting pada Windows 7.

  • Gnome 2.28

gnomenew_400

    Pada ubuntu 9.04 menggunakan Gnome 2.26.1
  • Themes yang baru.

themes_400

    Masih dengan themes human, namun dengan sentuhan dan kostumisasi yang baru oleh tim desain ubuntu
  • Icon-icon yang baru.

icon

    Dengan nama Humanity.
  • Ekiga dihilangkan.

Ekiga adalah aplikasi VOIP (Voice Over Internet Protocol) atau sebuah aplikasi telpon lewat jaringan internet. Karena jarang yang membutuhkannya, sehingga pihak ubuntu tidak menginstallnya secara default. Namun bagi anda yang memerlukan Ekiga, anda dapat menginstallnya melalui repository.

  • Wine telah terintegrasi.

wineDengan Wine, kita dapat menjalankan sebagian besar aplikasi berbasis Windows. Melihat sebagian besar pengguna ubuntu telah menginstallnya. Maka pada Ubuntu 9.10, wine telah terintegrasi. Anda dapat menemukannya di Systems > Preference >Wine Apps


  • Aplikasi social network.

gwibber

    Ubuntu berharap, seluruh pengguna ubuntu dapat sharing pengalaman dan pengetahuannya pada semua orang, atau komunitas yang mereka minati.Sebuah unofficial slogan “Social Right from the Start“.

    Maka pada ubuntu 9.10 telah terintegrasi dengan Gwibber Microblogging Client. Mungkin seperti twitter penulis kira.

  • Pidgin digantikan Empathy Instant Messenger.

empathy

    Dengan kemampuan Voice dan Video Chat
  • UbuntuOne telah terintegrasi.

ubuntuoneMerupakan layanan penyimpanan data online, sehingga pengguna ubuntu bisa saling sharing data atau file yang bermanfaat. Atau hanya sekedar ingin menyimpan file penting, sehingga bisa kita akses dimana saja.

  • Ubuntu Software Store.

software-center_400

    Merupakan fitur baru, sebuah aplikasi install atau uninstall berbagai aplikasi ubuntu dengan tampilan yang menawan dan kemudahan dalam menggunakannya.
  • Computer Janitor, dengan tampilan baru.

computerjanitor_450

    Adalah aplikasi, yang akan merekomendasikan pada anda bahwa beberapa aplikasi yang telah anda install saat ini mungkin sudah tidak diperlukan lagi. Dan Computer Janitor akan memberikan tombol cleanup untuk menghapusnya dari komputer anda.

Untuk slide show gambar versi lengkapnya silakan menuju kesini atau anda ingin melihat tampilan video review ubuntu 9.10 di sini (via Youtube).

Bagaimana menurut anda?

Bila anda tertarik ingin segera mencobanya, silakan download pada link berikut :

Sayangnya penulis belum menemukan mirror server Indonesia yang telah menyediakan versi beta ubuntu 9.10 Karmic Koala.

Kita tunggu kehadiran versi finalnya pada tanggal 29 Oktober nanti. :)

Sumber :

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.


TAGS Ubuntu Aplikasi review


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post